Video Youtube

SEJARAH NEWYORK HARDCORE DAN CBGB

Kita mungkin sering mendengar tentang  istilah New York Hardcore (NYHC) dan CBGB.Bagi para Hardcore kids dan anak  Punk mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi.

Di sini kita akan coba menjelaskan  tentang sejarah NYHC dan CBGB karena keduanya saling berkaitan erat.
New York Hardcore( NYHC)

New York hardcore 

(NYHC) adalah sebuah scene atau komunitas musik Hardcore Punk dan Crossover Thrash  yang dibuat di New York City, dan  menjadi subkultur yang  berkaitan  dengan musik itu.

New York hardcore tumbuh dari pengaruh scene hardcore yang didirikan di Washington, D.C., oleh band-band seperti Bad Brains dan Minor Threat.
New York City boleh  dibilang tempat kelahiran Punk Rock di Amerika dengan band punk lengedaris seperti Ramones yang berpusat di CBGB pada akhir 1970-an.
New York City  merupakan  sentra penting dalam perkembangan hardcore.

Sebuah scene hebat dan kuat akhirnya muncul pada tahun 1981. Dan dengan adanya kepindahan  Bad Brains dari Washington DC. ke New York seolah membawa angin segar dan dampak kuat buat scene Hardcore di New York.
Roger Miret sang vokalis Agnostic Front menegaskan bahwa "Kami mulai menggunakan istilah 'Hardcore' karena kami ingin memisahkan diri dari scene punk yang kenbanyakann pecandu obat terlarang.
                                                             
Kami adalah anak-anak dengan kehidupan keras yang tinggal di jalanan dan kami sisi hidup  yang lebih kasar.
Band-band New York Hardcore angkatan pertama  juga mempunyai sisi kekurangan ,tapi di luar itu mereka telah memberikan pengaruh yang besar pada scene.
Pada masanya Reagan Youth scene New York Hardcore lebih cenderung  dikenal dengan grafiti dan tato.Sebuah sub budaya yang tidak dimiliki kota lain pada saat itu. Ini adalah sebuah cerminan dari dunia yang selalu bergelut dengan kemiskinan dan kekerasan.

Scene New York Hardcore terinspirasi dan dipengaruhi oleh beberapa film-film  seperti Death Wish, Taxi Driver, The Warriors, dan Escape From New York.
Pada pertengahan 1980an  banyak para anggota  scene NYHC yang mengikuti ideologi sayap kanan. Di mulai dengan  Cro-Mags, dan beberapa juga mengikuti Society for Krishna

Sejarah CBGB sampai sekarang

CBGB merupakan sebuah club yang didirikan di 315 6th Bowery, New York, pada desember 1973,dan dulunya bernama CBGB &OMFUG.Nama tersebut adalah singkatan  dari Country,BlueGrass and Blues  and Other Music For Uplifting Gormandizers.

Pendiri club ini  adalah Hilly Kristal,dan Bar ini sebelumnya bernama "Hilly" yang khusus  untuk pertunjukan musik bluegrass dan blues. Seiring perkembangan zaman, CBGB akhirnya menjadi tempat kelahiran punk di Amerika.
Pada agustus 1973 ketika Marcer Art Center yang terkenal di New York runtuh,CBGB mulai berangsur ramai didatangi para pecinta musik.

Band-band indi di New York banyak pada saat itu ramai-ramai berimigrasi ke CBGB untuk merasakan panasnya panggung di sana.
CBGB berubah menjadi tempat paling bersejarah dengan unjuk giginya  band-band punk angkatan pertama, seperti Ramones, Mink Deville, Talking Heads, Tuff Darts, The Shirts, The Heartbreakers, The Fkeshtones, dan lain-lain.
Pada tahun 1980-an, New York mulai dikuasi anak-anak Hardcore. Setiap hari minggu di CBGB menggelar event rutin "Thrash Day" atau "Pertunjukan Siang Hari".

Event ini sering dimeriahkan  oleh band-band Hardcore lokal, seperti Minor Threat, Gorilla Biscuits, The Cro-Mags, Agnostic Front, Sick Of It All, Reagan Youth, Warzone, dan Youth Of Today.

Kerusuhan yang  kerap terjadi  di CBGB selama event  musik berlangsung memicu larangan band Hardcore dan Punk tampil di CBGB oleh Hilly Kristal.Namun, larangan itu tidak berlangsumg lama,dan band-band Hardcore dan punk mulai bisa  beraksi kembali disana.
                                                                
Pada 2005, Komite Residen Bowery menyegel CBGB. Kristal pun mencari jalur hukum dan berusaha untuk memperoleh kembali club yang dia dirikan itu, tapi dia tidak berhasil hingga akhirnya CBGB dinyatakan ditutup selamanya..
Semula Kristal berencana memindahkan CBGB ke Las Vegas. Akan tetapi, dia meninggal sebelum mewujudkan rencana tersebut.

Varvatos pemilik yang sekarang telah merombak club itu menjadi butik dan membangun toilet yang baru. Kali ini jauh dari citra kotor. Toilet yang sekarang bersih, namun tetap unik. Sayangnya, Punk dan Hardcore tak lagi beraksi disana.
Kisah tetang CBGB merupakan bagian dari fase panjang gerakan kontrakultur anak muda. Artinya, sulit pula untuk memisahkan club itu dari sejarah yang luar biasa perihal pemberontakan yang dilakukan kaum muda pada dekade 1960-an dan 1970-an di AS. Apalagi, gaung eksistensi CBGB lantas menyebar ke seluruh penjuru dunia dimana gerakan Punk dan Hardcore lantas menjadi familiar di kalangan anak muda.

Di ambil dari berbagai sumber

Post a Comment

1 Comments